Dengan akupuntur bisa langsing, asal disiplin

May 26, 2010 at 4:03 am Leave a comment

Tidak seorang manusia pun ingin dikatakan gemuk meskipun tubuhnya seperti karung beras yang padat berisi, terutama kaum wanita. Mereka akan memakai segala macam cara untuk melangsingkan tubuh dan segala macam daya untuk menghilangkan lemak yang tertimbun dalam tubuh. Banyak orang mencoba cara modern dengan berolah raga secara teratur dan menggunakan alat-alat modern. Ada juga yang mencoba melangsingkan tubuh dengan berbagai macam obat yang konon berkhasiat untuk melumerkan lemak yang ada. Akupuntur tradisionalpun dapat melakukan hal ini.

AKUPUNTUR UNTUK MENGHILANGKAN LEMAK
Belakangan ini banyak orang yang memanfaatkan akupuntur untuk membuat tubuhnya langsing atau agar berat badannya menurun. Dengan merangsang beberapa titik akupuntur di daerah telinga, anda akan kehilangan nafsu makan atau sedikit-sedikitnya nafsu makan anda akan berkurang. Dan bila nafsu makan berkurang tentu gumpalan lemak yang menumpuk akan dimanfaatkan oleh tubuh untuk kelangsungan hidup, sehingga lama kelamaan timbunan dalam tubuh pun menipis. Kemudian,bila anda berobat secara teratur, maka lama kelamaan tubuh pun menjadi langsing.
Dari pengalaman praktek mengenai kasus kegemukan ini ternyata hasilnya tidak hanya ditentukan oleh kemampuan ahli akupuntur dalam membantu pasiennya, karena factor disiplin pasien pun sangat menentukan keberhasilan pengobatan ini.
Ada pasien yang ketat dan teratur mentaati petunjuk-petunjuk ahli akupuntur, misalnya ia akan menekan atau merangsang jarum yang ditanam pada telinganya menjelang makan selama 2 sampai 3 menit. Pada pasien-pasien yang dengan tekun mentaati petunjuk kelihatan pula keberhasilan dari pengobatan akupuntur.
Sayangnya banyak pula pasien yang menganggap remeh, petunjuk dan aturan yang diberikan si ahli akupuntur untuk kemudian melalaikannya. Padahal kalau kita lalai merangsang jarum akupuntur yang sebelumnya telah ditanam di anak telinga kita, tentu saja nafsu makan kita tak akan berkurang. Padahal si pasien suka sekali makan dan jajan di antara waktu makan, dan bila menghadapi makanan lupa akan kegemukannya, dan baru kemudian marah-marah ila melihat bentuk tubuhnya di depan cermin. Dalam kasus-kasus seperti ini biasanya pasien hanya bergantung pada jarum-jarum yang ditanam para ahli akupuntur, tanpa mereka sendiri berusaha membantu pengobatan tadi. Dan bila demikian biasanya perawatan akupuntur tidak akan berhasil dengan memuaskan.
Pasien-pasien yang ingin langsing dan patuh mengikuti petunjuk yang diberikan, apalagi mampu menghindari makanan-makanan lezat yang banyak mengandung lemak, gula dan alcohol, biasanya akan mendapati berat tubuhnya menurun dan dalam waktu singkat menjadi langsing. Dalam waktu satu minggu berat badannya akan menyusut satu sampai bahkan dua kilogram.

G E M U K
Gemuk memang banyak macamnya. Anda kegemukan disebabkan factor turunan, yaitu karena kedua orang tua atau salah satu orang tua memang gemuk. Ada pula gemuk yang disebabkan oleh factor psikoso matis, factor hormonal dan factor metabolisme. Pada kegemukan jenis yang pertama sebelum dilakukan pengobatan untuk mengurangi berat tubuh, sebaiknya dicari dulu sebab mengapa si pasien menjadi gemuk. Karena mungkin juga ada sebab-sebab yang bersifat fisik yang harus disembuhkan terlebih dahulu sebelum melakukan perawatan akupuntur tradisional.
Hasil yang dapat diketengahkan dari kasus penurunan berat badan ini ternyata bervariasi. Pasien A misalnya dapat mengalami penyusutan 1 kg seminggu, tapi pada pasien B hanya ½ kg sementara pasien C sama sekali tidak mengalami penurunan berat badan pada minggu pertama, dan baru mulai pada minggu kedua.
Pada umumnya akupuntur tradisional ini berhasil menurunkan berat badan pasiennya. Pada mulanya si pasien akan merasa pernafasannya menjadi lebih longgar dan tubuh terasa lebih ringan. Baru kemudian terasa dan terlihat nyata berat tubuh menurun, karena adanya penyusutan lemak yang tertimbun dalam tubuh.
Pada umumnya lemak dalam tubuh tertimbun di daerah2 tertentu seperti misalnya di perut, dada dan pinggul. Ini terlihat jelas terutama pada kaum wanita. Itu sebabnya bila ada penurunan berat badan penyusutan yang paling jelas nampak adalah di bagian tubuh itu. Ada juga beberapa pasien yang sangat lambat penurunan berat badannya, tetapi penyusutan lemak di perut dan pinggang membawa hasil yang cukup menggembirakan. Bahkan pernah terjadi seorang laki-laki yang perutnya buncit seperti wanita hamil tua, setelah 3 minggu melakukan akupuntur perutnya mengempes. Padahal berat badannya hanya turun 2 kg.
Ada baiknya sebelum melakukan akupuntur tradisional untuk menurunkan berat badan, anda cek terlebih dahulu apakah anda bebas dari segala macam penyakit, terutama penyakit yang mempunyai hubungan langsung dengan sistem pencernaan makanan. Sebab penjaruman dalam halini akan merubah dan mempengaruhi cara kerja lambung dan organ pencernaan lainnya, sehingga rasa lapar dan nafsu makan berkurang.

TITIK-TITIK AKUPUNTUR TELINGA MEMANG SANGAT MENENTUKAN
Dari pengalaman para ahli akupuntur yang telah mempraktekan pengobatan untuk melangsingkan tubuh dan menurunkan berat badan dan telah mencatat hasilnya, ternyata titik-titik akupuntur telingalah yang memegang peranan yang terpenting. Caranya dengan menusuk titik2 lapar yang terdapat pada anak telinga. Biasanya daerah ini dirangsang dengan jarum kulit yang ditanam dan kemudian ditutup dengan plester. Jarum yang ditanam di titik ini membutuhkan perangsangan tiga kali sehari, dan dilakukan selama 2-3 menit, kira2 ¼ jam sebelum makan.
Titik2 akupuntur lainnya yang juga biasa dipakai untuk menurunkan nafsu makan adalah titik lambung, paru2, mulut, oesophagus, titik haus, yang semuanya terdapat pada daun telinga dan anak telinga.
Pertanyaan yang sering diajukan pasien adalah apakah masih diperlukan diet dan obat2an tertentu untuk mempercepat proses penurunan berat badan ini. Sebenarnya kalau penusukan berjalan dengan sempurna dan si pasien taat melakukan petunuk akupunturis, diet tidak diperlukan lagi. Diet dalam arti mengurangi makan tak dibutuhkan, sebab rangsangan jarum itu sendiri akan mengurangi nafsu makan si pasien. Walaupun demikian tidak ada salahnya anda mengurangi makan makanan yang berlemak dan manis.
Obat diberikan kalau dianggap perlu saja, misalnya sehubungan dengan tidak lancarnya buang air besar atau buang air kecil. Kalau kedua hal tersebut berjalan dengan normal dan lancar, maka obat2an pun tidak diperlukan lagi.

sumber : http://www.koranpendidikan.com

Entry filed under: Tips Langsing. Tags: .

Diet sesuai Golongan Darah pengalaman dengan akupuntur (1)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Calendar

May 2010
M T W T F S S
    Jun »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Most Recent Posts


%d bloggers like this: